Minggu, 16 Juni 2013

Jalan Jalan Ke Hongkong with my Family tanpa tour travel

Berawal dari rencana mengisi liburan lebaran 2011, dimana babysiter dan maid pada pulang kampung.
kami berencana mengisi waktu selepas lebaran dengan jalan jalan ke luar negri .. kebetulan kami belum pernah jalan jalan keluar negri bersama sama .
satu bulan lebih saya coba brosing cari tujuan jalan jalan ... , tiket pesawat...., hotel .. dan yang pasti waktu yang enak buat jalan jalan ... finaly jadi juga jalan jalan ...hip hipp horeeee....

awalnya saya mau pakai tour and travel aja biar gampang ngga ribet tapi ternyata ngga ada tour yang berangkat setelah lebaran , yang ada hanya sebelum lebaran atau pas lebaran hari pertama , yang sudah pasti ngga mungkin kita jalanin bisa di kutuk satu keluarga besar kalau lebaran kita ngga ada di jakarta ...

tahap awal saya coba cari tujuan .  pilihan ada di seputaran asia tenggara dan asia ...nyari negara yang bisa di kunjungi dengan visa on arrival aja , karena saya belum punya pengalaman buat ngurus visa sendiri..
setelah saya brosing ternyata hongkong , macau dan shenzen bisa di kunjungi dengan VOA (visa on arrival) dan bisa sekalian kunjungan 3 negara dalam trip yg bersamaan .. lumayan juga nih buat dapat pengalaman ..

tahap kedua saya coba pilih waktu berangkat .berhubung kami mau merayakan lebaran di jakarta dulu jadi saya pilih jadwal lebaran hari kedua kita berangkat dengan lama perjalanan 5 hari ,.. karena saya cek di travel rata rata ke hongkong itu 4 sd 5 hari an .. sudah include macau dan shenzen ...

tahap ke tiga saya coba cari penerbangan murah dari jakarta ke hongkong .. hmmm ternyata banyak juga mulai dari maskapai top sampai yang lowcost... saya coba brosing via www.utiket.com buat cari perbandingan harga tiket tersebut . karena kita bawa baby umur di bawah 2 thn awalnya coba cari maskapai yg sudah terkenal seperti garuda, sq, cathay pasific .. dan hasilnya muaaahlll ternyata wkwkwk... kalau pun ada yang murah berangkatnya tengah malam atau sampai di sananya bisa subuh .. bakal repot kalo bawa baby ....ok alternatif lain kalo gitu maskapai lowcost mulai dari air asia, value air, jetstar, tiger air kita telusuri... dan ternyata paling pas waktu berangkatnya adalah jetstar .. berangkat pagi sampai sana sore menjelang malam ... dengan 1 kali transit di singapura,  yang nota bene masih nyaman kita berjam-jam di bandara changi... dan baru tau juga kalo jetstar dan valueair itu sama aja .. satu group ...

tahap ke empat . saya brosing cari hotel , ngga nyangka juga ternyata hotel di hongkong mahal mahal .. bintang 3 aja bisa diatas 1.5 juta .. tergantung area hotelnya ... nah karena banyak banget pilihan hotel di hogkong saya akhirnya beli buku panduan di gramedia mengenai jalan jalan ke hongkong,  dimana ada rujukan tempat tempat yang wajib di kunjungi serta daerah daerah yang lumayan nyaman untuk kita cari hotel .. kita cari hotel via booking.com dan agoda.com lumayan juga bisa liat foto foto nya dan fasilitasnya apa aja .. akhirnya jatuh pilihan di the empire hotel kowloon kita booking 5 hari 4 malam disana

tahap ke lima , ini yang seru .. saya coba susun itenary selama di hongkong dan hebatnya pemerintah hongkong punya website khusus buat turis http://www.discoverhongkong.com/id/index.jsp bener benar kita di  bantu mengetahui kondisi hongkong dan yang paling penting kita mendapat informasi  kemana aja kita selama disana  , cukup tinggal update berapa hari tinggal , bersama siapa kita jalan .. jadi deh itenary yang di sarankan ..
hebat harusnya ini bisa jadi contoh buat indonesia .. khususnya dept pariwisata kita ..
selesai semua persiapan .. saya akan lanjutkan cerita perjalan saya selama di hongkong ..

oke saya lanjut cerita perjalan saya dan keluarga 5 hari 4 malam ke hongkong + macau bersama my family

Day 1:
Perjalan menuju hongkong dimulai pagi hari kami berangkat dari bandara cengkareng, kami berangkat hari ke 3 lebaran 2011, berhubung suasana masih libur lebaran suasana jalan jakarta masih bersahabat nih ... lancar hanya 30 menit sampai bandara .. ini adalah pengalaman pertama si kecil ke bandara cengkareng .  kita naik pesawat jet star (pesawat low cost miliki maskapai asing , kalau tidak salah sih singapura)  pesawat kita take off menuju changi jam 09.55 sampai di changi sekitar jam 11.30 , disini kita nunggu kurang lebih 5 jam, tapi tdk terasa karena besarnya bandara changi ... kita mutarin terminal 1 , 2 dan 3 pakai kereta mono rel  .. lumayan juga si kecil senang sekali naik kereta yang nyaman dan bersih sambil takjub lihat bandara changi yang nyaman

dan buat keluarga yang bawa anak kecil seperti kami ngga usah khawatir ternyata di bandara changi juga menyediakan stroler gratis buat anak anak , meskipun sikecil ngga mau naik stroler hanya di buat mainan aja di dorong dorong ,..
sekitar jam 5 sore kita mulai bording menuju hongkong dan sampai di hongkong sekitar jam 8 malam waktu setempat ...
perjalanan 2 jam di pesawat dan ini yang lumayan berat waktu perjalan jkt- sing si kecil dengan nyaman tidur sampai mendarat (krn memang jamnya dia tidur siang) tetapi perjalan sing - hkg  dia tidak tidur rewelnya mulai kumat .. untung nya istri ku siap dengan perlengkapan mainan dan juga snack kesukaan nya , oh iya berhubung anak kami waktu itu baru berusia 1 thn 9 bulan jadinya tidak kena biaya pesawat hanya assuransi aja yang di bayar lumayan lah menghemat perjalanan , walaupun harus kita pangku bergantian .. untungnya jet star / value air lumayan nyaman meskipun low cost .
sekitar jam 20.00 waktu setempat kita mendarat di bandara hongkong, dengan kondisi bingung karna baru pertama kali, sesuai dengan info dari cerita perjalanan ke hongkong yang saya baca  , maka saya langsung menuju stasiun MTR ini kereta nya versi hongkong , mirip mirip seperti MRT singapura

ngga usah khawatir buat yang pertama kali ke hongkong , peta MTR dan jalur perjalanan cukup jelas , bagi yang sudah pernah naik MRT di singapura jalur maupun pembelian tiketnya hampir sama .
Dari bandara hongkong kami menuju cetral stasiun dan dari situ berganti kereta menuju stasiun Tsim Sha Tsui dimana hotel yang kami booking berada.
karena ini perjalan kami yang pertama ke luar negri bersama si kecil , jadinya kami ngga berani coba naik trasportasi lain .. seperti taxiatau bus  krn khawatir nyasar dan sebagainya ..
tetapi setelah coba sharing dengan teman teman lain ternyata jika kita naik taxi dari bandara hongkong menuju pusat kota jika kita lebih dari 2 orang akan lebih irit naik taxi , krn kalao naik MTR akan di charge per person , termasuk anak anak ,..dan agak ribet sedikit krn nyeret nyeret koper yang segede gaban ...tetapi karena ini perjalan kami yang pertama jadinya kita seru seru aja apalagi si kecil sangat enjoy dengan perjalan ini , di tambah lagi susana di MTR dan di stasiunnya cukup nyaman meskipun kita musti berjalan agak jauh .. dan sedikit kebingungan .. untuk mencarai jalur jalurnya ,krn  belum familiar dengan nama nama stasiun.

akhirnya kita sampai juga di hotel The Empire Kwoolon hotel di daerah Tsim Sha Tsui  sekitar jam 22.00 waktu hongkong , walhasil si kecil langsung tepar di tempat tidur karena perjalan dari jakarta kami mulai pagi hari jam 07.00 sampai hongkong jam 22.00 hampir 15 jam lebih di perjalan saya dan istri juga ikut terlelap tidur dan ada sedikit accident disini  sekitar jam 03.00 pagi kami terbangun krn terdengar suara "Gubrakkk" dan tangisan si kecil , saya kaget dang langsung terbagun lebih kaget lagi krn kondisi kamar yg gelap saya mencoba mencari si kecil yang ternyata sudah sukses mendarat di lantai :(  duh nak , maafkan papa mu ini ya .... walhasil hari pertama di tutup dengan benjolan di jidat anak ku tersayang untungnya tempat tidur tidak terlalu tinggi dan mungkin krn si kecil masih cukup lelah tangisan tidak berlangsung lama dia kembali tertidur , dan kali ini kami idak mau kecolongan lagi kami atur posisi agar tidak terulang terjun bebas buat anak ku sayang ( sampai sekarang kalo diingat ingat sedih juga ) .....

Day 2 :
karena kita cukup kelelahan after perjalan dari jakarta ke hongkong 1 harian full kemarin , kita start agak siang . ini enaknya jalan jalan tidak dengan group atau trour travel .. kita bebas menentukan kapan kita berangkat tanpa takut tertinggal atau di complain oleh teman satu group .. apalagi bagi yang bawa baby seperti kita, pagi-pagi sudah di ribetin dengan persiapan perjalan, seperti siapkan sarapan buat si kecil dan juga perlengkapan selama perjalan hari ini .
berhubung karena kami pesan hotel yang tanpa sarapan .. kami keluar sekalian  cari sarapan di sekitar hotel, memang agak sulit mencari makan halal di sekitar hotel kami sudah mutar mutar tetapi belum juga ketemu , walhasil kita sarapan di mini market dan beli mi instat yang ada label halalnya ..
hari ini tour kita menuju tempat wisata "ngo ping"  disana kita bisa lihat patung budha yang cukup besar dengan pemandangan kawasan pinggiran kota hongkong , lumayan seru juga karena untuk menuju kesana kita naik kereta gantung. disini kita lanjut makan siang serta menikmati outlet outlet yang ada disana ,

Sampai menjelang sore kami turun dan lanjut menuju victoria peak ... dengan menggunakan trem yang sudah cukup tua .. nah perjalan menuju victoria peak ini yang seru selama naik trem ini kita bisa menikmati kota hongkong diatas trem .. awalnya sempat takjub juga melihat kondisi trem yang sudah cukup tua tetapi masih tetap terawat bersih .
antrian disini cukup panjang padahal kami naik bukan pada saat weekend , bagaimana kalo weekend ya ...

setelah sampai di victoria peak kami masuk ke musium patung lilin Madam Tusand yang cukup terkenal sebenarnya akan lebih menarik jika tidak terlalu penuh tetapi jika kondisi penuh agak merepotkan krn tempatnya yang terbatas dan juga antrian untuk foto  .. kita bisa nikmatin foto foto barang dengan selebrity dan orang orang terkenal di dunia mulai dari bintang film jetlee, bruce lee, jhony deep, sampai tokoh dunia seperti hitler , sadam husein , obama dan albert enstain .. atau atlet terkenal seperti david backham, muhhamad ali dsb

di victoria peak ini sebenarnya dataran tinggi di kota hongkong  yang diatasnya ada sebuah mall dan juga park yang cukup bagus , disini kita bisa melihat suasana kota hongkong dan pada saat malam hari lebih bagus lagi . dan kalo info yang saya dapat jika kita berangkat pada saat akhir tahun ataupun awal tahun cuacanya cukup dingin bisa sampai 5 derajat ,.. untung nya kami jalan pada saat cuaca masih hangat .. cenderung panas mirip suhu di jakarta . kita di victoria peak sampai malam hari baru kita turun dan kembali kehotel setelah makan malam

Day 3 :
Hari ini full day kita berkunjung ke wahana Disneyland Hongkong ... kita beli tiket disneyland via website resminya lumayan juga kita ngga perlu lagi antri dan yang pasti tidak takut kehabisan tiket krn memang ada pembatasan jumlah wisatawan yang masuk , pemesanan bisa di webnya http://park.hongkongdisneyland.com untuk anak anak dibawah 3 tahun masih free , sedangkan 3 sd 12 thn 320 dollar hkg , untuk dewasa 450 dollar hkg ..
perjalan kami melalui MTR menuju sunny bay statsion dan lanjut menggunakan MTR khusus disney  seru sekali krn di MTR nya saja suasana disney sudah cukup kental , mulai dari jendela sampai dengan hangger untuk pegangan tangan sudah bergambar Mickey Mouse  ikon disney ..

Di disney kita seharian , mulai siang sampai dengan malam .. dan memang serunya menjelang sore hari krn mereka ada karnaval yang menampilkan semua tokoh tokoh disney ... kalau tidak salah karnavalnya jam 15.00 dan ternyata pada saat malam lebih seru lagi , nuansa lampu lampu yang membuat semakin meriah , untuk tempat makan jangan khawatir banyak sekali , dengan berbagai jenis type ... dan yang halal pun sudah tersedia

nah seperti biasa untuk tempat wisata yang favorit sudah pasti penuh dengan wisatawan apalagi pada saat musim liburan .. walhasil kami ngga bisa masuk semua wahana apalagi kami bawa baby .. tetapi disini kita di berikan kemudahan fast pass untuk masuk wahana wahana yang memang jadi favorit .. jadi cukup dengan  ambil kartu fastpass di pintu masuk wahananya dan kita bisa muter ke wahan lain dan kembali sesuai jam yang tertera di fast pass tersebut ,  setiap orang di kasih batasan 3 kali fast pass .. di disneyland sepertinya wajib menyediakan waktu seharian krn lokasi disney land yang di pinggiran kota dan juga sayang jika kita hanya setengah hari ,, karena banyak sekali wahana yang tersedia.
menjelang penutupan sekitar jam 20.00 kita juga di sajikan kembang api .. lumayan meriah tetapi krn kami sudah cukup lelah kami segera kembali kehotel ...

Day 4 :
Jadwal hari ini kami mengunjungi Macau , memang niat dari awal saya mengunjungi macau krn untuk kesana tidak memerlukan visa , cukup visa on arrival saja ..
perjalanan menuju macau kita tempuh melalui Laut dengan menggunakan kapal fery super cepat

biaya perorangnya jika tidak salah sekitar 700 ribu rupiah perorang dan untuk anak di bawah 2 thn free,.. kita cukup beli tiket di pelabuhannya kemudian  menunjukan pasport stempel imgrasi hongkong lanjut menunggu ferynya .. banyak sekali perusahaan angkutan penyebrangan .. tetapi kalo saya lihat semua hampir sama ..
sesampianya di macau saya sedikit bingung krn meskipun negara macau ini berbatasan dengan hongkong tetapi sangat beda sekali , mulai dari penunjuk jalan dan bahasa yang digunakan , penunjuk jalannya hanya menggunakan bahasa china atau bahasa portugis .. bahkan pada saat saya tanya ke penduduk lokal  sedikit sekali yang paham dengan bahasa inggris ... walhasil ngga banyak tempat wisata yang bisa kami kunjungi
kami berangkat menuju ke Venetian hotel , krn informasi yang kami dapat itu adalah hotel terbesar dan terlengkap di macau ada mall yang cukup besar serta casino yang menjadi ikon kota macau , liat aja film filmnya andy lau , atau jacky chan .. kalo seting di macau pasti ada unsur judi nya ...
menuju ke venetian hotel ini dari pelabuhan macau kita bisa naik bus gratsi yang di sediakan oleh pihak hotel , ngga usah khawatir bus ini di sediakan gratsi bagi siapapun , jadi meskipun kita tdk menginap di sana kita bisa menggunakan bus tersebut dan cukup nyaman untuk bus gratisan ...  nunggunya pun ngga terlalu lama setiap 30 menit ada bus yang berangkat ...,
hotel venetian itu cukup besar .. didalam hotel tersedia mall yang di design seperti di Venezia Italy ,.. ada sungai buatan di dalam mall dan di lengkapi perahu gondola, untuk berkeliling .. bedanya kita ngga takut kehujanan ataupun kebanjiran seperti jika kita berkunjung ke Venezia italy ..

disini kita makan makan kue khasnya nya macau yaitu egg tart .. dan memang enak sekali kue tersebut apalagi jika di makanya saat masih hangat ... sayangnya kita engga beli banyak , nyesel juga sih ...
selama di macau kita ngga kesampaian muter-muter ketempat wisata lain selain ke venetian hotel , krn penunjuk jalan yang tdk jelas dan juga fasilitas transportasi nya kita ngga paham ,.. mau pakai bus atau taxi takut nyasar krn kerebatasan bahasa dengan penduduk lokal .. beda sekali dengan di hongkong .. sekitar jam 18.00 kita kembali menuju hongkong dengan menggunakan kapal fery yang super cepat ...

pada saat sampai di hongkong kita baru sadar ternyata ada 2 pelabuhan yang berbeda menuju macau dari hongkong ataupun sebaliknya  , karena pelabuhan berangkat dengan pulang kita berbeda tempat .. pada saat pulang pelabuhannya lebih dekat dengan hotel kita , dan yang enaknya semua pelabuhan itu terhubung dengan jalur MTR ..
karena hari ini adalah malam terakhir kita di hongkong kita luangkan waktu untuk belanja oleh oleh di hongkong .. kita belanja di perbelanjaan kaki lima di hongkong ,
tempatnya  juga unit .. jika weekend jalan tersebut ditutup dan di penuhi oleh pedagang pedagang yang menjual segalam macam jenis .. kebanyakan sih baju dan cindramata  yang di cari oleh para wisatwan.. saya lupa nama tempatnya tetapi lokasi nya tidak jauh dai hotel .. krn pada saat pulangnya kami hanya jalan kaki saja ke hotel ...

Day 5 :
hari terakhir , ini adalah perjalan pulang kembali tenah air .. rasanya masih banyak tempat yang belum kami kunjungi di hongkong , rencana awal saya berniat juga berkunjung ke senzen china .. cuma karna keterbatasan waktu dan juga informasi yang saya dapat ke senzen tidak selalu bisa menggunakan Visa on arrival .. jika ada kegiatan atau ketentuan khusus pemerintah china akan memberlakukan visa untuk masuk senzen dan itu bisa 1 hari pengurusannya ..
kita berangkat kebandara dari hotel menggunakan bus , kebetulan hotel kita di lewati oleh bus khusus bandara .. (seperti bus damri bandara cengkareng) cukup menunggu di depan hotel bus akan datang dan membawa kita kehotel sesuai jalur yang ditentukan , agak sedikit memutar tetapi ok juga krn kita berangkat pagi dan selama di hongkong kita selalu menggunakan MTR , nah hari terakhir ini kita keliling hongkong dengan menggunakan bus yang cukup nyaman.
sama seperti perjalan berangkat , pesawat kami trasit di bandara changi .. nah pada saat sampai di changi kita langsung keliling menelusuri changi ketempat tempat yang belum kita lewati seperti butterfly park dan juga taman indor yang tersedia ,

jam 19.30 pesawat kami mendarat di cengkareng . yeaah......... 5 hari yang menyenangkan ,
kesimpulan saya setelah jalan-jalan ke hongkong . untuk keluarga yang berniat membawa anak balita jalan keluar negri lebih baik tidak menggunakan tour travel atau  gabung group , karena waktu perjalanan bisa lebih fleksibel mengikuti kenyamanan si kecil , seperti bangun tidur , sarapan dan juga tidur siangnya ...
rata rata kami baru start jalan dari hotel itu sudah jam 10 atau 11 siang , setelah anak kami selesai sarapan atau tidur yang cukup yang sudah pasti tidak mungkin di lakukan jika kita jalan jalan dengan tour travel atau group ..
hanya saja  persiapan perjalan memang harus lebih matang , seperti lokasi hotel .. itenary selama perjalanan .. dan juga tempat tujuan kita .. agar kenyaman saat perjalanan terutama buat si kecil tetap terjaga ...  thanksss.................

1. keren lengkap sekali informasinya thanks min, saya juga mau ke hongkong tapi saya pakai agen wisata fiesta indonesia, www.facebook.com/fiestaindonesia/

Balasan
    1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada MBAH atas nomor togel.nya yang MBAH
      berikan 4 angka 7643 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus MBAH.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu MBAH. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan MBAH..
      sekali lagi makasih banyak ya MBAH … bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi MBAH BAKARO,,di no ((( 082-333-348-575 )))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.
      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
      Kami Berani Bersumpah Bahwa Ini Kisah Nyata Dari Kami Demih Allah Demi Tuhan.
      Cuma mbah bakaro.Yg Bisa Membuktikan Angkanya,
      Karna Sudah Banyak Dukun2 Yg Kami Hubungi Tidak Ada Satupun Yg Membawakan Hasil.
      Jika Anda Ingin Merasakan Kemenangan Dalam Permainan Angka Togel 2D,3D,4D 5D, 6D,di Jamin Tembus 100%.
      Bilah Ada Waktu Silahkan Tlpon MBAH BAKARO .Nomor Hp: : 082-333-348-575-

Hapus
  2. Waaaw bagus dan lengkap sekali infonya, kebetulan banget ni gan saya ada rencana mau pergi liburan ke hongkong, tapi ala bechpeker aja,, hehehe :)

3. Anda ingin liburan keluar negeri. tapi tidak ada informasi, tips, trik dan harga hotel..
    ayo coba anda kunjungi kami di www.liburanasyik.com

4. ga ke window of the world pak? sayang banget

5. Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Hakikat kehidupan adalah bermanfaat bagi orang lain dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Dengan mengucap Bismillahir rahmaannir rahiim, perkenalkanlah kami dari INTI TUNGGAL hadir bagi saudara/i, Kami merupakan lembaga non pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa olah kebatinan, pemondokan pesantren dan pembinaan diri baik mental dan spiritual. Muncul keprihatinan kami dalam melihat situasi kehidupan sosial ekonomi didalam masyarakat kita pada masa sekarang ini, meningkatnya angka kemiskinan, pengangguran dan tingkat kriminal sebagai akibat dari kesengajaan kehidupan sosial ekonomi yang sangat memprihatinkan. Berangkat dari permasalahan dan situasi tersebut, kami hadir melalui program kami yaitu PROGRAM "HIBAH UANG GAIB" dengan maksud membantu saudara/i yang mengalami kesulitan ekonomi ataupun yang membutuhkan dana gaib halal.

Dana tersebut merupakan program bakti sosial yang diselenggarakan oleh Majelis kami yang mana berbentuk memberikan dana berupa uang kontan bagi saudara/i yang membutuhkan.

Dana Hibah Tanapa Batas ini diperoleh melalui media doa-doa dzikir khusus bersama anak-anak yatim/piatu dan muda/mudi pesantren kami sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama. Dalam program ini dengan sangat terpaksa kami mewajibkan bagi saudara/i untuk menyediakan Mahar seperti yang telah kami sebutkan dibawa, mohon maaf yang sebesar-besarnya dengan tidak bermaksud mengkomersilkan hal tersebut kami perlukan sebagai "biaya pengganti" guna pengadaan biaya transportasi antar-jemput anak-anak yatim, biaya jamuan konsumsi para undangan dzikir dan dana sedekah bagi pihak-pihak undangan tersebut. Bagi kami segenap pengurus Majelis sangat dipantangkan untuk mengambil bagian dari dana yang dimohonkan tersebut, hanya sumbangan dari saudara/i lah yang dapat kami terima sekiranya saudara/i telah berhasil dalam memanfaatkan dana hibah gaib tersebut.

It tahi'uu mal laayas'alakum ayraw wahum -muhtasuun

Ikutilah orang yang tidak meminta upah kepadamu sedangkan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk ALLAH.

Akhir kata kami segenap pengurus MAJELIS INTI TUNGGAL mengucapkan "tetaplah berpengharapan, karena pada hakikatnya Allah swt tidak akan mengecewakan hamba-NYA yang meletakkan pengharapan kepada-NYA dan dibalik permasalahan pasti ada solusi dan hikmahnya.
    100% Pesugihan Uang Gaib, Halal, Tanpa Tumbal, Berkah, Bebas untuk semua agama, Proses 1 hari Dana langsung kami transfer Ke Rekening pribadi anda, Tanpa mengembalikan, Tidak mengurangi rejeki keturunan, dibekali juga pegangan khusus guna mempertahankan Kekayaan anda. Dana berasal dari permohonan Kepada yang maha kuasa Melalui Doa-Doa Dzikir Khusus.

Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta, Mahar Ikhlas Rp.1.000.000
    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.2.000.000
    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.3.000.000

PENGERTIAN PESUGIHAN UANG GAIB DARI MBAH MURTAK SALAH SATU DUKUN TERSAKTI DI INDONESIA | UNTUK KONSULTASI LANGSUNG DENGAN MBAH MURTAK WA : 0822-7144-8994
    Assalamu`alaikum Wr. Wb. https://www.facebook.com/Ritual-Tarik-Uang-Goib-Hibah-1500279453391470/